Di antara Menulis dan Menggambar, Mana yang kalian suka??


Menulis dan menggambar adalah suatu kegiatan untuk berkomunikasi, menciptakan suatu informasi berupa catatan atau gambar pada sebuah media. Kalau tulisan menggunakan aksara sedangkan gambar dengan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.
Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5000 tahun lalu. Orang-orang Sumeria (Irak saat ini) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut  mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda.

Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan,  yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.

Di antara kedua kegiatan itu, manakah yang kalian suka?? Keduanya merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. Tergantung dari kalian menyukai yang mana. Sama-sama saling mengungkapkan ekspresi atau ide-ide untuk dituangkan dalam sebuah media.
Karya tulis bisa dalam bentuk karya tulis ilmiah, makalah, buku, artikel, opini, sastra  (termasuk prosa dan puisi). Dan media penulisan bisa beraneka seperti buku, majalah, koran, internet (web, blog) yang sedang digandrungi saat ini🙂.

Orang yang pekerjaan utamanya menulis maka dia biasanya disebut dengan penulis atau pengarang. Sedang penulis sebagai kegiatan sampingan atau sub dari pekerjaan utama maka boleh saja dia menyebut dirinya penulis juga.

Pada umumnya seorang penulis harus memiliki tiga keterampilan dasar:
1. Keterampilan berbahasa dalam merekam bentuk lisan ke tulisan, termasuk kemampuan menggunakan ejaan, tanda baca, dan pemilihan kata.
2. Keterampilan penyajian, seperti pengembangan paragraf, merinci pokok bahasa menjadi sub bahasan pokok, dan susunan secara sistematis.
3. Keterampilan perwajahan, termasuk kemampuan pengaturan tipografi seperti penyusunan format, jenis huruf, kertas, tabel, dan lain sebagainya.

Menulis dengan merangkai kata-kata indah, susunan kalimat sesuai dengan tata bahasa yang baik atau dengan menggunakan bahasa pergaulan sehari-hari bagiku tidak masalah. Asalkan dapat dimengerti, memberikan ispirasi dan mencerahkan hati para pembacanya. Menulis  dapat memberikan manfaat untuk pembaca maupun penulis itu sendiri. Karena menulis juga merupakan sarana meng-eksplorasi diri sendiri. Dengan banyak menulis, pikiran kita akan berpikir lebih banyak dari biasanya untuk menuangkan ide-ide. Kita “dipaksa” untuk bisa mengetahui banyak hal dengan menulis. Contohnya, ketika kita akan menulis suatu topik, mau tidak mau kita harus banyak membaca literatur yang berhubungan dengan topik yang kita pilih, begitu juga dengan topik-topik lainnya.

Menulis juga menjadi sarana bagi kita untuk terus memperbaiki dan menasehati diri sendiri. Bagaimana mungkin kita menulis yang isinya menyuruh orang lain melakukan sesuatu tetapi kitanya sendiri belum
melakukan apa yang diperintahkan untuk orang lain. Dengan begitu, kita akan terus memperbaiki
diri kita secara perlahan sesuai dengan apa yang ingin kita tuju melalui tulisan kita.

Sedangkan kebanyakan karya dengan cara menggambar adalah representasi dari ingatan atau imajinasi seorang juru gambar. Subjek ini bisa berupa tampilan realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti potret, setengah realistis seperti karya-karya sketsa, atau yang benar-benar mementingkan gaya gambar seperti kartun, karikatur, atau gambar abstrak. Alat yang sering digunakan adalah pensil grafit, pena, kuas tinta, pensil warna, crayon, pensil konte, dan spidol. Bisa pula dengan peralatan digital seperti stylus, mouse, atau alat lain yang menghasilkan efek sama seperti peralatan manual. Media permukaan yang sering digunakan adalah kertas, meskipun tidak menutup kemungkinan pula digunakannya media lain seperti kain, permukaan kayu, dinding, dan lain-lain. Sebagai peralatan pendukung, digunakan pula penyerut pensil, kertas pasir, penghapus khusus, chamois, penggaris, larutan fixatif, dan selotip khusus menggambar untuk membuat efek-efek tertentu. Meja gambar digunakan untuk mengurangi distorsi dan kesalahan perspektif akibat ketidaknormalan posisi mata saat menggambar.

Perkembangan perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer dan perangkat lunak lainnya.

Ternyata, kepribadian dan minat seseorang pun bisa kita nilai melalui tulisan atau gambarnya, baik itu melalui gaya bahasanya maupun topik apa yang sering dibahas dan dilihat dari teknik cara menggambar dan pewarnaannya.

Dari kesimpulan di atas : Aku menyukai keduanya!!!
Selamat berekspresi baik menulis atau menggambar,apapun itu..

Catatan untuk muslim :
Pada dasarnya para ‘ulama sepakat bahwa hukum menggambar makhluk bernyawa adalah HARAM.
Banyak riwayat yang menuturkan tentang larangan menggambar makhluk bernyawa, baik binatang maupun manusia. Sedangkan hukum menggambar makhluk yang tidak bernyawa, misalnya tetumbuhan dan pepohonan adalah mubah.

Dari Ibnu, dia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, ‘Barangsiapa menggambar suatu gambar dari sesuatu
yang bernyawa di dunia, maka dia akan diminta untuk meniupkan ruh kepada gambarnya itu kelak di hari akhir, sedangkan dia tidak kuasa untuk meniupkannya.’” [HR. Bukhari].

Keterangan lebih lengkap silahkan baca di :
http://konsultasi.wordpress.com/2007/01/18/hukum-menggambar-makhluk-bernyawa/

Kalimat bijak :
“Kebahagiaan hakiki adalah bukan berdasarkan apa yang kamu terima,
tapi apa yang telah kamu berikan untuk orang lain.”
“Menulislah walau satu ayat. “

~ by nadwie on March 27, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: