JilBaB TraVeLeR


Di lihat dari judul di atas tentunya kalian sudah mendengar istilah ini, apalagi kalau sudah mendengar nama “Asma Nadia”. Asma Nadia adalah salah satu  penulis wanita profesional yang cukup terkenal di Indonesia. Dia menulis cerita pendek, novel, dan skrip televisi.

Nah,  judul di atas adalah salah satu judul karangannya. Tapi saya tidak membahas mengenai sinopsis buku ini loh, yang pada intinya : karena berjilbab, kita tak perlu takut untuk melakukan sebuah perjalanan demi perjalanan. Kita dapat pergi kemana saja, menjelajah ke berbagai tempat di Indonesia atau bahkan ke negara lain, yang merupakan impian saya salah satunya🙂.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai isi buku ini, beli saja di toko-toko buku. Di buku ini di bahas mengenai pengalaman-pengalaman dari saudari – saudari muslimah kita yang pernah singgah di negara lain, selain itu juga diberikan info tempat wisata, tips perjalanan aman dan murah serta sedikit kamus sebagai panduan.

Saya ingin  salah satu impian saya  dikabulkan oleh Allah SWT , Aamiin.. yaitu mengeksplorasi/menjelajah ke berbagai belahan di dunia termasuk seluruh Indonesia.

Saya memakai jilbab belumlah lama, kira-kira hampir 2 tahun yang lalu setelah mengalami proses dan waktu yang cukup panjang untuk memutuskan memakai jilbab. Saya mengalami banyak dilema saat itu, salah satunya : “saya ingin bekerja di Singapura dan apakah saya akan mengalami kesulitan dari pihak perusahaan di sana atau anggapan dari teman-teman di negara tersebut jika saya memakai jilbab?”. Ada salah satu teman saya yang cukup berpengalaman dalam hidup memberikan opini, kurang lebih seperti ini : katanya : “kamu jangan dulu pakai jilbab, apalagi saat ini kamu sedang melamar kerja di Singapura. Nanti kamu mengalami kesulitan  dan mungkin sulit mendapatkan kesempatan kerja di sana”.

Dalam hati, saya tetap bertekad. Rezeki, jodoh dan kematian sudah di atur oleh Allah SWT. Dengan keyakinan untuk berjilbab sebagai salah satu pilihan hidup saya. Alhamdulillah, saya kini menutup aurat tubuh ini. Dengan begitu saya juga masih harus banyak belajar lebih dalam mengenai agama Islam. Mudah-mudahan Allah SWT tetap memberikan hidayah ini selama saya hidup dan tetap berusaha istiqomah di jalan-Nya. Aamiin..

Selama saya memakai jilbab dan masih tinggal di Indonesia, saya dan teman-teman lainnya mempunyai agenda, yaitu : setiap bulan kita mengadakan “Perjalanan Rohani” ke berbagai Masjid yang mempunyai nilai Arsitektural atau tempat yang mempunyai nilai sejarah mengenai agama Islam. Tapi saat itu belum banyak tempat yang kami kunjungi, karena saya harus pergi ke  Singapura untuk bekerja (Alhamdulillah, akhirnya saya mendapatkan kesempatan ini🙂 ). Dan tak berhenti di Indonesia saja, saya ingin melanjutkan perjalanan Rohani saya di negara singa ini. Sudah beberapa tempat  yang saya kunjungi, akan tetapi kalau bisa saya harus mengunjungi ke semua tempat sampai yang terkecil dan tak ada celah😛. Saya ingin tahu dunia luar dengan melihat, dan  juga mendapatkan informasi yang saya baca dan saya dengar. Dan tentunya dari negara tetangga lainnya atau dari seluruh dunia!!

Dan syukur Alhamdulillah, saya tidak banyak mengalami kesulitan dalam hal bekerja ataupun pergaulan  ( teman-teman di sini baik- baik semua hehe..he), makan dan juga beribadah. Karena di sini sekitar  14.9% adalah penduduk muslim. Di Singapura, hampir seluruh orang Melayu beragama Islam.

Sebenarnya awal tujuannya bukanlah Singapura, akan tetapi Australia. Oleh karena itu, saya harus berusaha lagi untuk mendapatkan apa yang saya impikan. Australia!! saya akan datang!!!

Nah, di antara kalian mungkin saja sudah menyandang nama ini terlebih dahulu daripada saya pribadi, dan kalian tentunya sudah banyak menjelajah. namun bagi saya tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, asalkan kita mau berusaha dan mau belajar.

Seperti yang dikatakan oleh Asma Nadia,
” Perjalanan selalu melahirkan cinta, kenangan dan sesuatu yang membuat kita dekat dengan Allah SWT “.

Lalu bagaimana dengan kalian saudari muslimah lain yang belum memulainya? Saya yakin, kita pasti bisa!!!

*Untuk para “Jilbab Traveler”

~ by nadwie on January 18, 2011.

6 Responses to “JilBaB TraVeLeR”

  1. Very..very nice blog… Memadukan apiknya gambar dengan indahnya kata2.. Tdi search picture ‘jilbab traveller’, ketemu blog ini. Izin make gmbarnya ya mb.. Sy msh newbie ngeblog,, share ilmu ya mb.. =). Jgn lp brkunjung jg k blog sdrhana sy mb.😉

  2. Hi, sya sedang browsing utk kerja d singapura dan berjilbab.. Yg buat saya bertanya-tanya apakah saya bisa bekerja disana ya ? Sebagai staff office… Mohon jawabannya. Thx

    • Insya Allah, kalau berusaha berdoa kamu pasti dapat kerjaan di Singapura. Tapi jangan berputus asa ya..karena keja di Singapura untuk posisi di perusahaan , wanita “foreigner” berjilbab agak sulit..

  3. subhanallah beruntung banget mba bisa kerja di singapura. saya lagi menyiapkan mental dulu baru deh bisa ngurus ini itu untuk berjuang mencari kerja disana. boleh mba kalau ada lowongan kabar-kabarin… insyaallah sebagai pekerja saya cukup ada kualitas.

Leave a Reply

 
