Untuk : Inspirasi yang menghilanG


Hai Teman,
Apa yang kalian lakukan bila “ide/inspirasi” tuk menulis tidak hadir di kepala?
Mencari kata di setiap penggalan kalimat yang melukis puisi dalam pigura,
Sedangkan kata “malas” siap-siap akan selalu memeluk jiwa,
Berusaha merobek relung dan mengkoyak sukma,
Sehingga satu demi satu kata mulai melenyapkan diri di depan mata..

Ketika lepas malam, setelah seharian berkerja, aku mulai mengkorek-korek sisa pemikiran. Berusaha mencari sekelumit inspirasi yang akan aku letakan dalam area blogku ini. Haruskah aku bertepuk-tepuk jidat layaknya orang beriklan karena mencari sebuah “Inspirasi”?. Rasanya bosan jika malas itu muncul dihadapan. Inginnya segera mengusir kemalasan yang akhir-akhir ini menyerang.

Aaahhh, malasnya berpikir ketika tiada ide selepas muncul di jidatku ini..😀

Pasti kalian pernah merasakan juga, rasa malas mendera tuk berpikir walau hanya sekedar mencari serpihan-serpihan kata untuk menulis? Hanya saja kali  ini, aku terpaku dengan “Ide” yang lain. Aku harus mengolah kreatifitasku untuk sebuah gambar yang merupakan salah satu hobbyku untuk mengoreskan sebatang pena dan kertas, eh bukan pena dan juga bukan kertas!! Tapi aku berkutat dengan program software yang bernama AutoCAD, Photoshop dan Coreldraw. Karena permintaan dari Kakak perempuanku yang ingin membuat Boutique Fashion di Jakarta. Alhasil, aku harus memeras ide/inspirasi untuknya.

Tapi, kadang tetap saja yang namanya “malas” menyerang membabi buta mematahkan semangat untuk menulis. Kalau rasa itu muncul, ada beberapa hal yang aku lakukan untuk menuai ide :

Membaca buku-buku yang bermanfaat, novel atau e-book (E-book  dapat di download dalam bentuk Pdf. Misalnya Ilmu pengetahuan Alam, sosial, agama, sastera, politik dan lain-lain. Kalau untuk puisi tidak semua Novel yang aku baca, yang  tertentu  saja yang ada unsur puitisnya misalnya karya Karl May, Eiji Yoshikawa, Aaidh ibn Abdullah alQarni dan sebagainya.
Membaca puisi-puisi karya Penyair terkenal baik dalam negeri ataupun luar negeri.
Membaca puisi-puisi ataupun informasi lain karya Blogger lain dan juga berita-berita online. Mungkin di antara mereka ada pembendaharaan kata-katanya  lebih baik dari yang aku punya. Dan itu dapat di ambil sebagai  koleksi untuk menambahkan library kosa kata  di dalam pikiran.
Membaca Blog lain yang tidak ada kaitannya dengan puisi atau masalah yang kita kaji. Misalnya fashion (namanya  juga wanita :D). Biasanya ide dapat di ambil dari kejadian sehari-hari di sekitar kita (tidak terpatok dengan kejadian terhadap diri sendiri yang bersifat curhat tetapi juga dengan orang lain).
– Mencari gambar/image yang di suka,.Yap!! Dengan melihat gambar/Image, bisa terlontar ide di kepala untuk segera menulis. Dari sebuah gambar bisa menceritakan segala hal yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Misalnya mencari gambar “Hujan”, nah dari gambar itu bisa di jadikan inspirasi.

Apapun yang kita lihat dan rasakan dapat di jadikan sumber inspirasi. Ternyata kita harus peka terhadap lingkungan sekitar dan hal itu bisa berarti luas,baik terhadap diri sendiri, teman, keluarga, masyarakat, dunia, bumi bahkan alam semesta yang di ciptakan oleh Allah SWT untuk kita.  Mudah-mudahan dengan melakukan beberapa hal tersebut di atas, yang bernama “Inspirasi” tidak akan secepat kilat menghilang dari kepala. Berusahalah mencari hal-hal yang baru untuk lebih banyak menjelajah,lebih banyak tahu untuk memperkaya wawasan dan tetap berusaha belajar.

ok, Teman..
selamat menulis ya!!
Keep Blogging!!

~ by nadwie on August 22, 2010.

4 Responses to “Untuk : Inspirasi yang menghilanG”

  1. Assalamu’alaikum

    terimkasih atas tipsnya…

  2. klo saya kehabisan ide,,
    biasanya menanti hujan datang (hehe..), ndengerin musik, atau sekedar jalan-jalan keluar rumah. Pasti dapat I.D.E

    • kalau musim kemarau bagaimana?😀..mendengar musik atau jalan2 keluar rumah itu juga bisa..
      dengan mengadakan perjalanan jarak pendek ataupun jauh, pasti ada pengalaman yang tak terlupakan dan itu juga bisa mendatangkan inspirasi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: