Tentang : puisi..poetry..poieo’ku : Kreativitas’ku



“Banyak kata yang aku ingin baca,
Aku begitu menikmati pilihan-pilihan,
kata yang disusun indah dan menuai makna,
Merajut sedemikian estetik dan ritme sebuah bahasa,
Dan Arti gaya semantikpun ikut dibicarakan”

Puisi adalah seni tertulis yang ditekankan pada segi keindahan suatu bahasa dan  pengulangan yang berirama. Rima itulah yang membedakan puisi dengan prosa. Walaupun masih ada perdebatan, beberapa ahli modern memiliki pendekatan bahwa  puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi dan daya  khayal manusia yang menjadi sumber segala kreativitas.

Bait perbait, baris perbaris yang merupakan salah satu cara penulis untuk  mengungkapkan perasaannya. Dengan segala bentuk ritme, bentuk bahkan dengan bahasa yang kadang tidak dapat di mengerti orang lain, tapi penulis mempunyai setiap alasan untuk segala karya keanehan yang diciptakannya. Dengan demikian puisi tersebut mempunyai makna dan arti khusus untuk sang penulis saja.  Hal ini  tak ada yang dapat membatasi keinginan penulis dalam menciptakan  sebuah puisi.

Aku sebagai penulis yang dikategorikan ‘mungkin’ sebagai penulis pemula  (walaupun telah aktif membuat puisi sejak tahun 1992). Kadang kalanya tak berniat mempunyai pemikiran atau “obsesi” untuk diperdengarkan dan dibacakan oleh orang lain. Apalagi untuk di muat di sebuah majalah bergengsi atau media surat kabar lainnya.  Bagiku puisi adalah suatu kenikmatan tersendiri sebagai salah satu diary kehidupan  yang aku lalui. Aku memainkan perumpamaan atau simbolis kata-kata yang ada di alam semesta.

Puisi-puisi yang aku buat di kumpulkan dan disusun hingga akhirnya aku memutuskan untuk menuangkan segala ide, imajinasi dan khayalan dalam berkata-kata dalam sebuah ‘Blog’. Entah kenapa aku memilih WordPress sebagai salah satu alat mediaku untuk berpuisi. Aku mengamati berbagai macam bentuk Blog yang di tawarkan di dunia maya, namun tetap saja aku terpaku dalam lamunan blog ini.

 

Aku mengibaratkan kepada diri sendiri untuk bebas mengungkapkan pada pemikiran-pemikiran yang mengandung
arti atau abstrak untuk diumpamakan dan mengandung makna,yang memiliki keindahan  kata-kata sebagai bentuk wahana ekspresi dan inti sari perasaanku sendiri bahkan kepada oranglain.

Di tinjau dari tema puisi, aku lebih tertarik dengan tema alam semesta beserta keindahan yang dibuat oleh Maha Pencipta, religi dan cinta. Sebagianpun puisi-puisi yang aku buat  berdasarkan pengalaman pribadi, orang lain atau hanya sekedar pemikiran tertentu .

Aku ingin terus bermain dan mengutak-ngutik bahasa dengan irama, walaupun aku mengakui karyaku belumlah sebaik para pujangga atau penyair kelas dunia. Puisi-puisiku masih jauh dari peraturan-peraturan pokok dan kaidah puisi itu sendiri.

Saat ini, aku masih memiliki dilema. Aku memiliki bakat di bidang seni, baik itu seni sastera (puisi, cerpen, bahkan akupun pernah membuat dongeng untuk diri sendiri melewati hati), Seni rupa (gambar/ lukisan),dan segala seni yang mengandung kreativitas dengan kedua tangan ini disertai imajinasi yang diberikan oleh Allah SWT.  Aku sangat
bersyukur diberikan talenta ini, dengan segala keindahan yang mungkin diharapkan berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Namun dimanakah tepatnya aku berkreativitas? yang memaksimalkan produktivitas dan bermanfaat?

Catatan :

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. (sumber: Wikipedia Indonesia)

: ina dwiana kartaatmadja

~ by nadwie on June 30, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: